Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas dan Mati Sendiri


Klik Gambar untu Memperjelas
Laptop kita dapat mengalami banyak penyalahgunaan. Seperti jatuh, kena tumpahan, atau lebih buruk. Tetapi jika kamu berpikir bahwa semua kerusakan hanya dapat diperbaiki oleh pabrik atau toko komputer, pikirkan lagi. Banyak masalah dapat diperbaiki dengan mudah dan murah.

Saya akan menunjukkan kepada kamu cara memperbaiki semuanya mulai dari kasing yang rusak dan kabel pengisi yang usang hingga kipas yang buruk dan layar yang tergores. Setiap proyek memiliki perkiraan waktu dan biaya, serta bahan apa yang perlu kamu lakukan.

Peringatan: Sistem kamu mungkin sedikit berbeda, memerlukan bagian khusus, atau memerlukan pendekatan yang sedikit berbeda.
Catatan: Walaupun saya umumnya memuji improvisasi dan mendaur ulang komponen lama (terutama adaptor AC), tidak ada yang seperti memiliki bagian yang tepat untuk melakukan perbaikan. Bahkan, kipas dan keyboard mungkin terlihat serupa, tapi mereka bisa sangat berbeda. Jika terdapat kesalahan, coba eBay, Newegg, Amazon, atau CDW untuk mendapatkan yang kamu butuhkan.

Kabel Adaptor AC yang Putus
                         Klik Gambar untu Memperjelas
Biaya: 50 - 200 ribu
Waktu: 1 - 2 jam
Bahan: Sealant silikon, pita perekat (yang tidak terlalu lengket), sarung tangan pelindung.

Karena laptop perlu dicolokkan dan dicabut beberapa kali sehari, Sehingga dapat menimbulkan kerusakan pada kabel listrik. Jika ini terjadi, penting untuk mendapatkan kabel baru dan memperbaikinya segera, hal itu tidak hanya dapat merusak baterai, tetapi juga dapat menjadi bahaya kebakaran.

Untungnya, banyak adaptor daya laptop memiliki kabel daya AC yang dapat dilepas, yang harganya terjangkau dan tersedia secara online atau di toko elektronik. Di sisi lain, jika konektor yang dihubungkan ke komputer adalah masalahnya, maka biayanya sekitar 50ribu hingga 100ribu. Atau kamu bisa memperbaikinya sendiri.

Perbaikan untuk kabel yang berjumbai yaitu membungkus selotip pada kerusakan. Ini mencegah kerusakan lebih lanjut, tetapi seiring waktu akan lepas. Cara yang lebih baik adalah membuat perbaikan yang lebih permanen dengan silikon sealant, tersedia di setiap toko perangkat keras,

Untuk melindungi permukaan yang sedang kamu kerjakan, letakkan selembar pita perekat yang lebar, bagian yang lengket ke bawah, dan letakkan area kabel yang berjumbai di atasnya. Sealant tidak akan menempel di bagian belakang pita pelukis seperti halnya hambatan lain yang terbuat dari kertas atau plastik, dan pita pelukis harus mengelupas langsung dari meja ketika kamu sudah selesai.

Selanjutnya, peras sekumpulan sealant ke area yang perlu diperbaiki. Taruh sealant lengket ke tempatnya, menutupi kerusakan dengan pelapis liberal. Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan sarung tangan pelindung untuk bagian ini.

Biarkan sealant kering selama satu atau dua jam sampai kencang. Lepaskan kabel dengan lembut dari pita, dan kamu memiliki kabel listrik baru yang fleksibel dan siap untuk bekerja.

Kerusakan pada Kipas laptop

                       Klik Gambar untu Memperjelas
Biaya: 180 - 300 ribu
Waktu: 1 jam
Bahan: Obeng, udara tekan, vakum, kipas pengganti

Kipas pendingin yang berisik atau tidak berfungsi tidak hanya mengganggu tetapi tidak membawa cukup udara pendingin ke dalam case, berpotensi menyebabkan laptop menjadi terlalu panas dan merusak elektronik di dalamnya. Ini bukan perbaikan yang sulit untuk dilakukan, dan jika kamu beruntung, kamu mungkin tidak perlu mengganti kipas sama sekali.

Seringkali kipas tersumbat karena debu, puing-puing dan kotoran, yang dapat membuat mereka berisik dan menurunkan efisiensinya.

Sebelum kamu melakukan hal lain, temukan tempat di mana udara segar masuk dan udara panas keluar, biasanya satu atau lebih kisi-kisi berlubang di bagian samping atau bawah sistem. Mungkin ada dua atau tiga ventilasi, jadi cari dengan seksama. Masukkan sedotan plastik dari kaleng udara bertekanan ke setiap lubang angin dan tiup semua debu. kamu mungkin ingin mengenakan masker debu atau menjalankan penyedot debu, karena mungkin jumlah debu yang terlalu banyak. Secara opsional, kamu dapat mencoba menyedot debu dengan penyedot debu tabung.

Jika ini tidak memperbaiki keadaan, saatnya untuk menggali lebih dalam dan membuka kasing. Biasanya ada sekitar selusin sekrup di bagian bawah kasing yang harus kamu lepaskan untuk membuka kasing, tetapi sangat bervariasi tergantung pada laptop. Misalnya, beberapa model mengharuskan kamu untuk membuka keyboard untuk masuk.

Setelah membuka casing dengan hati-hati, cari kipas angin dan singkirkan debu yang melekat pada kipas.

Perhatikan baik-baik apa saja yang tersangkut di bilah kipas yang mungkin menghambatnya. Putar pisau kipas dengan jari kamu. Jika membuat kebisingan atau tidak berputar bebas itu perlu diganti.

Sebelum melangkah lebih jauh, tulis nomor model kipas dan cari kipas pengganti. Gunakan Google dan ketikkan nomor model dan "kipas pendingin". Biaya penggantian harus berkisar antara  70 - 150 ribu.

Setelah kamu memiliki kipas baru, kamu dapat mengeluarkan kipas lama. Pertama, cabut konektor daya kipas. Setiap sistem berbeda, tetapi kamu mungkin harus melepaskan bingkai yang menahan kipas, dan kemudian mengeluarkan beberapa sekrup yang merekatkan kipas ke bingkai.

Sekarang kamu dapat menggangkat kipas dengan lembut. Mungkin perlu sedikit kemahiran untuk melepaskan kipas, karena umumnya pas di sana. Banyak kipas laptop tersambung ke pipa panas (tabung tipis berwarna perak atau tembaga yang menarik panas dari prosesor atau chip grafis). Pipa panas biasanya terkunci ke dalam unit kipas. Usahakan untuk tidak menekuk pipa panas saat kamu melepaskan kipas, karena itu akan mengurangi efisiensinya dalam mendinginkan prosesor.

Jika karena alasan tertentu, kamu melangkah terlalu jauh dan dapat melihat bagian atas CPU, pastikan ada pasta termal yang memadai. Ini diperlukan untuk mentransfer panas dari CPU ke unit pendingin, dan kurangnya pasta juga dapat menyebabkan masalah panas berlebih.

Dengan kipas baru siap digunakan, selipkan kembali dan pasang kembali semuanya dengan hati-hati. Sebelum kamu memasang kembali dasar kasing, pasang konektor daya dan nyalakan mesin. Jangan khawatir jika kipas tidak langsung hidup, karena itu hanya bisa hidup setelah sistem memanas. Setelah kamu memverifikasi bahwa semuanya berfungsi, tutup mesin dan mulai bekerja.






Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas dan Mati Sendiri Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas dan Mati Sendiri Reviewed by tanzil huda on Januari 21, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.